Sejarah Teh Sosro

Sejarah Teh Sosro

1. Slawi


Merek SOSRO yang sudah dikenal di masyarakat, sebenarnya merupakan singkatan dari nama keluarga yaitu Sosrodjojo yang mulai merintis usaha Teh Wangi Melati pada tahun 1940 di sebuah kota kecil di Jawa Tengah bernama Slawi. Teh Wangi Melati yang diperkenalkan pertama kali itu bermerek Cap Botol

2. Ekspansi Bisnis


Pada tahun 1965, Teh Wangi Melati merek Cap Botol yang sudah terkenal didaerah Jawa mulai diperkenalkan di Jakarta. Pada waktu itu, teknik mempromosikan Teh Wangi Melati merek Cap Botol di Jakarta dinamakan strategi Promosi Cicip Rasa dimana secara rutin beberapa staf yang dikoordinir oleh Bapak Soetjipto Sosrodjojo mendatangi tempat-tempat keramaian dengan menggunakan mobil dan alat-alat propaganda seperti memutar lagu-lagu untuk menarik perhatian dan mengumpulkan penonton.

Setelah berhasil mengumpulkan penonton cukup banyak, penonton yang ada tersebut dibagikan secara cuma-cuma contoh Teh Wangi Melati merek Cap Botol ( Sekarang disebut teknik Sampling).


Setelah itu, staf yang ada juga mendemokan cara menyeduh Teh Wangi Melati merek Cap Botol untuk kemudian dibagikan agar dapat dicicipi langsung oleh penonton sehingga mereka yakin bahwa ramuan Teh Wangi Melati merek Cap Botol adalah Teh yang memiliki mutu dan kualitas yang baik.

Teknik merebus Teh langsung di tempat keramaian itu ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga menimbulkan kendala. Penonton yang sudah berkumpul menjadi tidak sabar dan banyak yang meninggalkan arena demo sebelum sempat mencicipi seduhan teh tersebut.

Untuk menanggulangi kendala tersebut maka sebelum dibawa ke tempat keramaian Teh Wangi Melati merek Cap Botol diseduh terlebih dahulu di kantor dan dimasukkan ke dalam panci untuk kemudian dibawa dengan kendaraan menuju tempat-tempat keramaian untuk dipromosikan.

Namun ternyata teknik yang kedua ini juga masih mengalami kendala, yaitu air teh yang dibawa dalam panci banyak yang tertumpah sewaktu dalam perjalanan karena kondisi kendaraan dan jalan-jalan di Jakarta pada saat itu belum sebaik sekarang.
Akhirnya ditempuh cara lain, yaitu air teh yang telah diseduh dikantor kemudian ditaruh didalam botol-botol bekas limun/kecap yang telah dibersihkan terlebih dahulu untuk selanjutnya dibawa ketempat tempat kegiatan promosi Cicip Rasa berlangsung. Ternyata cara yang ketiga ini berjalan baik dan terus di pakai selama bertahun tahun.

 

3. Teh Botol SOSRO


Setelah bertahun-tahun dilakukan teknik promosi Cicip Rasa, akhirnya pada tahun 1969 muncul gagasan menjual air teh siap minum dalam kemasan botol dengan merek Teh Botol Sosro. Merek tersebut dipakai untuk mendompleng merek Teh seduh Cap Botol yang sudah lebih dulu populer dan mengambil bagian dari nama belakang keluarga Sosrodjojo. Untuk kemunculan desain botol pertama, adalah pada tahun 1970 dan desain botol tidak berubah, lebih dari 2 tahun. Untuk desain botol kedua yaitu pada tahun 1972 juga bertahan sampai dengan 2 tahun. Dan pada tahun 1974, dengan didirikan PT. Sinar Sosro di kawasan Ujung Menteng (waktu itu masuk wilayah Bekasi, tetapi sekarang masuk wilayah Jakarta), maka desain botol Teh Botol Sosro berubah dan bertahan sampai sekarang. Pabrik tersebut, merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan pertama di Dunia.

Responses

  1. Yth. Management Teh Sosro
    Saya adalah peminum teh terutama Teh botol sosro kalo makan di resto.
    Yang mau saya tanyakan : saya dari salah satu organisasi bermaksud untuk datang kunjungan ke pabrik bersama dengan anggota. kemna saya harus membuat permohonan tersebut.
    Terimaksih atas perhatiannya, saya tunngu kabarnya

    Wass

    Hanna.H

  2. coba anda sambangi situs sosro dan silahkan contak dengan mereka tentang keinginan anda, semoga berhasil.

  3. saya dan tmen2 dari teknologi hasil pertanian unsri akan datang ke tmpat produksi teh botol sosro di palembang besok hari senin tanggal 14 april.terimakasih yach sudah mau terima kunjungan kami…sukses selalu teh botol sorso.selalu jadi kebanggaan kami masyarakat indonesia.

  4. Yth. Management Teh Sosro
    Saya mahasiswi dari STIKOM Interstudi jurusan Advertising, saya tertarik dengan produk teh siap saji merek Teh Cap Poci yang di produksi oleh PT Gunung Slamet dan menjadikan Teh Cap Poci sebagai bahan untuk Tugas Akhir saya.
    Saya bermaksud untuk melakukan riset dengan mengajukan beberapa pertanyaan. yang ingin saya ingin tanyakan kemana saya harus membuat permohonan tersebut, lalu kira – kira berapa lama permohonan tersebut disetujui.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, saya tunngu kabarnya.

    Wass

    Diti S.

  5. Nyong bangga dadi wong tegal!

  6. Teh botol merupakan minuman saya jika saya makan diwarung/resto yang ada teh sosronya, bagaimana kalau saya ingin berwirausaha dengan menjadi agen, atau distributor teh sosro/ perlu modal awal berapa kira-kira?

  7. h

  8. ass….pak saya lagi buat penelitian skripsi tentang sosro,dapat bonus dari perusahaan tidak?

  9. Yth. Manajemen Teh Sosro
    asslmkum wr…. wb
    saya mahasiswi dari universitas Pakuan Bogor
    jurusan Akuntansi,saya bermaksud ingin melakukan riset guna tugas akhir saya ,yang saya ingin tanyakan kemana mengajukan surat permohonan riset?apakah di perusahaan ini terdapat audit internalnya?mohon bantuannya

    Atas perhatiannya,Saya ucapkan terima kasih

    wasslkum wr wb

    Rina.H


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.